Home » Tips

Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah (Online dan Offline)

Cara melacak HP hilang belum banyak diketahui secara luas oleh semua orang. Padahal, informasi ini sangat lah penting. Sebab, kejadian HP yang hilang atau tertinggal di tempat umum masih sering terjadi.

Hal tersebut akan menjadi semakin buruk apabila Anda lupa di mana terakhir kali menaruh HP saat bepergian. Dari pada berputar-putar mencari HP ke tempat-tempat terakhir yang Anda kunjungi, sebaiknya bisa langsung melakukan pelacakan HP.

Ada juga kemungkinan kejahatan seperti pencurian yang terjadi. Nah, jika HP Anda baru saja hilang dengan kemungkinan dicuri, maka sebaiknya segera dilacak. Mungkin saja, keberadaan HP masih bisa ditemukan jika hal tersebut segera dilakukan.

Untuk melacak keberadaan HP tersebut bisa Anda tempuh dengan beberapa cara. Kami telah menyediakan tutorialnya dengan mudah pada artikel di bawah ini. Silakan Anda tentukan mana cara yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Cara Melacak HP Hilang Memakai Google Maps

Salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk melacak keberadaan HP yang hilang adalah dengan memanfaatkan fitur Google Maps. Cara melacak HP hilang yang satu ini terbilang cukup mudah untuk Anda pelajari. Jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan Google Maps untuk melacak HP, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama, Anda dapat membuka aplikasi Google Maps di HP lain yang Anda miliki.
  2. Kedua, pilih menu ‘setting’ lalu kemudian pilih ‘Share Location’ atau ‘Bagi Lokasi’.
  3. Kemudian pilihlah waktu pelacakan, bisa Anda set untuk 1 jam atau perkiraan lama waktu kehilangan.
  4. Lalu, klik ‘orang’, untuk mengisi alamat email dan nomor HP dari HP Anda yang hilang. Kemudian klik ‘bagikan’ dan ‘aktifkan’.
  5. Selanjutnya Anda hanya perlu untuk menunggu selama kurang lebih 24 jam.
  6. Dalam jangka waktu tersebut Google Maps akan memberikan pesan notifikasi apabila HP yang hilang sudah berhasil terlacak.
Baca Juga:  Cara Melihat Story IG Tanpa Diketahui Pemiliknya

Salah satu keunggulan melacak HP hilang dengan menggunakan Google Maps adalah karena bisa Anda terapkan pada HP yang mati sekalipun. Fitur Google Maps seperti My location, Business Listing, Driving direction dan lainnya adalah sangat membantu. Sehingga banyak orang yang melacak HP menggunakan Google Maps tersebut.

Cara Melacak HP Hilang Menggunakan IMEI

Selain dengan memakai Google Maps, cara melacak HP hilang berikutnya adalah dengan menggunakan IMEI. Setiap HP pasti memiliki IMEI sebagai nomor identitasnya. IMEI atau International Mobile Equipment Identity memiliki 15 sampai 16 digit. Nomor tersebut bisa Anda temukan pada bagian belakang HP (bagian dalam).

Cara lain untuk melihat nomor IMEI adalah dengan masuk ke menu ‘About Device’ pada setting perangkat. Bisa pula Anda mengetahui nomor IMEI dengan cara mengetik *#06#. Nah, jika Anda telah mendapatkan nomor IMEI maka ada baiknya Anda mencatat nomor tersebut. Sehingga ketika HP hilang, Anda bisa dengan mudah melacaknya.

Kemudian untuk cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan IMEI memang agak sedikit berbeda dari Google Maps. Namun demikian, cara ini adalah termasuk cara melacak yang paling aman dan akurat. Hal tersebut karena dengan pelacakan IMEI, privasi dan data akan tetap terjaga.

Untuk melacak HP yang hilang, Anda dapat melakukan panggilan dengan call center operator HP untuk mengabarkan kehilangan. Pihak operator kemudian akan membantu proses pelacakan HP. Hal yang penting dalam keberhasilan pelacakan menggunakan IMEI adalah sambungan internet.

Maka pastikan bahwa HP yang hilang tersebut sedang terhubung ke dalam jaringan internet, GPSnya aktif, dan kartu SIMnya masih aktif. Kelemahan dari pelacakan menggunakan IMEI adalah ketidakmampuannya melacak HP yang offline.

Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Google ADM

Cara melacak HP Hilang yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Google ADM. Pada beberapa HP, Google ADM adalah aplikasi bawaan. Namun jika Anda tidak menemukannya di HP, maka Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

Baca Juga:  Cara Cek Nomor Smartfren dengan Cepat dan Gratis

Google ADM atau Android Device Manager memang sengaja dibuat oleh Google untuk dapat mendeteksi dan melacak keberadaan HP. Google ADM bekerja dengan memanfaatkan fitur GPS di HP. Jadi, aplikasi ini hanya akan bermanfaat untuk melacak HP jika HP yang hilang tersambung dengan GPS.

Nah, langkah-langkah cara melacak HP hilang dengan Google ADM tersebut adalah seperti berikut ini:

  1. Pertama, Anda dapat membuka Google ADM di HP atau laptop yang akan Anda gunakan untuk melacak HP yang hilang.
  2. Kedua, lakukanlah log in ke akun Google. Masukan user ID dan password kemudian pilih ‘accept.
  3. Kemudian, Google ADM akan menunjukan Anda nama HP yang terkoneksi dengan email yang Anda gunakan tersebut. Klik nama HP yang merupakan HP Anda yang hilang.
  4. Selanjutnya akan keluar informasi mengenai HP tersebut termasuk lokasi dimana HP yang hilang tersebut berada.

Cara Melacak HP Hilang Melalui WA

Selain beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa melacak keberadaan HP yang hilang dengan WA. Cara melacak HP Hilang dengan WA adalah salah satu alternatif yang bisa Anda coba lakukan. Tentunya, cara ini akan lebih mudah untuk Anda praktikkan. Sebab aplikasi WA sudah sangat familiar bagi hampir semua orang.

Nah, cara untuk melacak keberadaan HP hilang dengan WA bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Pertama, Anda dapat masuk ke aplikasi WA (WhatsApp) kemudian Anda masuk ke menu ‘contact’.
  2. Di menu tersebut, coba cari kontak atau nomor WA dari HP yang ingin Anda ketahui keberadaannya.
  3. Klik pada kontak yang Anda ingin cari, kemudian masuklah ke menu ruang chat.
  4. Di ruang chat ini, Anda dapat klik ikon ‘Attach’ untuk melihat pilihan lampiran yang tersedia di WA.
  5. Untuk melacak HP, Anda bisa klik ikon ‘location’ pada pilihan lampiran. Kemudian bagikan lokasi terkini Anda.
  6. Setelah Anda membagikan lokasi terkini, Anda akan menerima suatu informasi lanjutan. Informasi tersebut Anda dapatkan pada kotak yang berisi tulisan konfirmasi berbagi lokasi. Klik ‘lanjut’.
  7. Setelah itu, Anda akan melihat opsi durasi berbagi lokasi. Di sini Anda dapat memilih durasi yang paling lama (8 jam). Kemudian, Anda dapat tekan tombol ‘selanjutnya’.
  8. Nah, Anda akan dikembalikan ke ruang chat beserta dengan terkirimnya share location Anda kepada HP yang hilang.
  9. Selanjutnya, Anda dapat klik lokasi tadi yang baru saja Anda share. Pada kotak ‘opsi’, Anda dapat memilih kotak ‘melihat lokasi terkini’.
  10. Selanjutnya, Anda dapat klik ‘dapatkan arah’ kemudian masuk ke Google Maps untuk bisa mengarahkan Anda ke lokasi HP yang hilang berada.
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang dari Snack Video Pasti Berhasil

Cara yang satu ini memang terkesan agak menghabiskan waktu. Namun, hasil pelacakan dengan bantuan WA sudah cukup lumayan terbukti keakuratannya.

Nah, di samping berbagai cara melacak HP hilang yang telah Anda simak pada uraian sebelumnya, Anda juga bisa memakai aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang dapat melakukan pelacakan pada HP yang hilang. Beberapa aplikasi tersebut adalah seperti Family Locator, Find my Mobile, Lost Phone Tracker, Life360, dan lain-lain. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Baca Juga: