Home » Blog

Bandingkan Bagaimana Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kota Dan Masyarakat Desa

Daftar Isi

Bagaimana upaya masyarakat kota dan masyarakat desa dalam meningkatkan hubungan ekonomi?

Upaya masyarakat kota dan desa dalam meningkatkan hubungan ekonomi adalah dengan melakukan perdagangan antardaerah maupun antarpulau. Perdagangan antardaerah maupun antarpulau adalah perdagangan yang dilakukan dengan cakupan antardaerah/antarpulau dalam suatu wilayah.

Apa perbedaan masyarakat perkotaan dan masyarakat pedalaman dalam penerimaan?

Masyarakat perkotaan relatif mudah menerima orang asing atau budaya lain. Sebaliknya, masyarakat pedalaman sebagian besar sulit menerima sesuatu yang baru. Mereka tetap bertahan pada budaya sendiri dan sulit menerima budaya luar.

Mengapa masyarakat perkotaan cenderung mudah menerima perbedaan?

Pembahasan. Pada masyarakat yang tinggal di perkotaan, perubahan sosial lebih cepat terjadi dibandingkan di desa karena masyarakat kota yang datang dari berbagai latar belakang cenderung lebih terbuka dengan perubahan.

Bagaimana kehidupan masyarakat kota dan masyarakat desa?

1.masyarakat desa sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani sedangkan di kota sebagian besar sebagai pegawai kantoran. 2.masyarakat desa hubungan kekeluargaan masih sangat erat sedangkan di kota sudah mulai renggang. 3.di desa rata2 status ekonomix masih rendah sedangkan di kota status ekonomi rata2 tinggi.

Apa saja yang membedakan kebutuhan masyarakat desa dan kota?

Masyarakat Kota memiliki gaya hidup dan sosial budaya yang berbeda dengan masyarakat desa atau pegunungan. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa kebutuhan masyarakat kota dan desa berbeda.

Baca Juga:  Bagaimana Arah Gerak Bumi Dibandingkan Dengan Arah Gerak Jarum Jam

Bagaimana kehidupan sosial manusia pada masa bercocok tanam?

Pada masa bercocok tanam kehidupan masyarakat sudah mulai menetap,mereka sudah memiliki pekerjaan seperti petani,nelayan,mereka juga memiliki binatang peliharaan,dan mereka juga melakukan yg namanya Barter atau pertukaran barang antara masyarakat yg satu dg yg lainnya.

Apa yang membedakan masyarakat tradisional dan masyarakat modern?

Berdasarkan wilayah, Masyarakat modern tinggal secara menetap pada suatu wilayah. Sementara masyarakat tradisional dapat tinggal secara berpindah-pindah sesuai dengan persediaan sandang & pangan, biasanya berada di desa atau di pedalaman.

Apakah semua kebutuhan masyarakat kota dapat terpenuhi tanpa dukungan masyarakat atau sebaliknya?

Enggak, semua kebutuhan masyarakat kota tak dapat terpenuhi tanpa masyarakat desa atau sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh kesenjangan sumber daya yang dapat menimbulkan permasalahan ekonomi terutama dalam penyediaan barang dan jasa.

Mengapa bisnis jasa masih banyak diminati meskipun sudah banyak pelaku usaha di bidang tersebut?

– Bisnis jasa banyak diminati karena modal yang harus dikeluarkan relatif lebih sedikit daripada bisnis di bidang komoditi. Kenapa bisa demikian? Sebab Anda bisa menghasilkan bermodalkan keahlian di bidang tertentu saja. Bahkan, beberapa usaha jasa tidak membutuhkan ongkos produksi sama sekali.

Bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat di desa?

Kehidupan ekonomi masyarakat desa cenderung homogen yakni penduduknya memiliki mata pencaharian yang sama seperti bertani, beternak, dan yang lainnya. Dengan begitu kebersamaan antar masyarakat desa lebih terjalin satu sama lain. Karena mata pencahariannya cenderung sama.

Apa yang Anda ketahui tentang kota?

Dari dua pengertian kota yang berasal dari KBBI dan UU No 22 Tahun 1999, maka kota adalah suatu kawasan yang terdapat bangunan-bangunan dari lapisan masyarakat yang sudah menjadi satu kesatuan sekaligus sebagai pusat pelayanan sosial, kegiatan ekonomi, pusat pemerintahan.

Bagaimana kehidupan budaya masyarakat di perkotaan?

Karakteristik kehidupan budaya masyarakat Perkotaan : – Lebih individualis dan tidak terlalu mementingkan kehidupan bermasyarakat. – Norma-norma masyarakat masih ada, namun tidak terlalu dijunjung seperti di masyarakat pedesaan.

Bagaimana kehidupan ekonomi pada masa bercocok tanam?

Kehidupan ekonomi pada masa bercocok tanam

Secara ekonomi, manusia purba pada periode ini telah berhasil mengolah makanan sendiri (food producing). Masyarakatnya mulai membuka hutan kemudian menanaminya dengan sayur dan buah untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat di kota?

kehidupan ekonomi masyarakat kota lebih beragam sejalan dengan mata pencaharian, pembagian kerja, dan hasil yang didapatnya. karena beragam jadi kehidupan ekonomi dikota kesenjangannya sangat tinggi antara yang mampu dengan yang tidak mampu.

Apakah masyarakat kota dapat memenuhi kebutuhan tempat lingkungan dan masyarakat desa?

Jawaban = Tidak Bisa. Penjelasan = Tidak semua Kebutuhan Masyarakat Kota ada di daerahnya. Beberapa Kebutuhan Pokok seperti Beras, Daging, atau Ikan bahkan dijual oleh para petani dan nelayan di desa. Jadi, tetap harus ada Interaksi antar masyarakat kota dan desa agar dapat memenuhi kebutuhannya.

Mengapa lapangan pekerjaan lebih banyak di kota daripada di desa?

karena di kota, uang berputar dengan cepat… sehingga tercipta banyak lapangan pekerjaan….

Mengapa kegiatan ekonomi masyarakat di suatu negara dapat berbeda dengan negara lainnya?

Jawaban: Karena merupakan kegiatan ekonomi yang luas maka jumlah dan macam industri berbeda-beda untuk tiap negara atau daerah. Pada umumnya, makin maju tingkat perkembangan perindustrian di suatu negara atau daerah, makin banyak jumlah dan macam industri, dan makin kompleks pula sifat kegiatan dan usaha tersebut.

Adakah perbedaan antara kehidupan sosial budaya masyarakat desa dengan masyarakat kota?

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara kehidupan sosial budaya masyarakat desa dengan masyarakat kota terletak pada kedekatannya dengan alam, sifat masyarakatnya, ikatan kekeluargaannya, hubungan sosialnya, dan adat istiadatnya.

Bagaimana kehidupan ekonomi di negara Indonesia?

Jawaban: Ekonomi Indonesia merupakan salah satu kekuatan ekonomi berkembang utama dunia yang terbesar di Asia Tenggara dan terbesar di Asia ketiga setelah China dan India. Ekonomi negara ini menempatkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar ke-16 dunia yang artinya Indonesia juga merupakan anggota G-20.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Handstand Agar Kaki Bertahan Lurus

Apa saja kelebihan dari sistem ekonomi tradisional?

Kelebihan Sistem Ekonomi Tradisional :

Tujuan sistem ekonomi ini adalah memenuhi kebutuhan hidup, bukan mencari keuntungan. Sehingga memiliki sifat kekeluargaannya yang sangat erat.

Mengapa kondisi perekonomian masyarakat Indonesia beraneka ragam?

Jawaban: kondisi perekonomian masyarakat Indonesia beragam karena sumber daya alam di daerah tersebut jika suatu daerah tinggal di Dataran Rendah maka jenis kegiatan ekonomi ialah petani padi.

Bagaimana kehidupan manusia purba pada masa bercocok tanam?

Mereka membuka hutan belantara untuk dijadikan ladang bercocok tanam. Mereka telah mampu mengolah tanah dan menggemburkan tanah sehingga dapat menentukan tanaman apa yang cocok untuk ditanam. Mereka juga terampil dalam menyimpan makanan (hasil panen). Sistem perdagangan menggunakan sistem barter (tukar menukar barang).

Apakah benar kebutuhan masyarakat desa dan kebutuhan masyarakat kota itu berbeda?

Jawaban. ya, karna setiap daerah pasti memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbeda,karna sumber daya alam dan manusianya masyarakat kota dan desa berbeda. jika umumnya kota terkait dengan industri,pabrik,kantor,perusaan dsb.

Bagaimana ciri ciri karakteristik masyarakat di kota?

Masyarakat kota sebagai community juga merupakan masyarakat society. Pada masyarakat kota, anggota-anggotanya berpisah-pisah, saling tidak kenal, dan lebih terikat kontak kekeluargaan, hubungan-nya serba lugas, lepas dari pribadi dan sentimen serta ikatan tradisi dengan tanpa kepemimpinan mapan.

Bagaimana kehidupan budaya masyarakat di perkotaan?

Karakteristik kehidupan budaya masyarakat Perkotaan : – Lebih individualis dan tidak terlalu mementingkan kehidupan bermasyarakat. – Norma-norma masyarakat masih ada, namun tidak terlalu dijunjung seperti di masyarakat pedesaan.

Bagaimana kehidupan masyarakat kota dan masyarakat desa?

1.masyarakat desa sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani sedangkan di kota sebagian besar sebagai pegawai kantoran. 2.masyarakat desa hubungan kekeluargaan masih sangat erat sedangkan di kota sudah mulai renggang. 3.di desa rata2 status ekonomix masih rendah sedangkan di kota status ekonomi rata2 tinggi.

Bagaimana hubungan Pedesaan dan Perkotaan?

Hubungan Desa-Kota

Saling Ketergantungan dan saling membutuhkan. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan pangan seperti beras, sayur mayur , daging dan ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis jenis pekerjaan tertentu dikota.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan masyarakat perkotaan?

Masyarakat perkotaan merupakan masyarakat yang cenderung memiliki sifat individual dan heterogen dengan kehidupan yang modern yang dilengkapi dengan berbagai arsitektur dan industri yang canggih. Dalam masyarakat kota terdapat banyak kelompok sosial yang dibedakan berdasarkan profesi.

Apa yang mempengaruhi perbedaan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat?

Faktor penyebab perbedaan budaya di Indonesia, sebagai berikut: Letak strategis Indonesia. Perbedaan kondisi alam. Transportasi dan komunikasi.

Apa perbedaan sosial dan budaya di masyarakat?

Jawaban. sosial adalah suatu sikap atau interaksi antara kita dg masyarakat,sedangkan budaya adalah suatu kegiatan atau aturan yang telah menetap disuatu daerah atau buadaya adalah suatu aturan yang telah melekat didiri seseorang….

Mengapa usaha jasa lebih berkembang di perkotaan daripada di pedesaan?

pekonomian di kota lebih maju karena dikota perkembanganya sangat pesat selain itu kemajuan teknologi mendorong para pengusaha untuk membangun usahanya. kalo di dese masih menggunaka alat tradisional dan kalo mau membuka usha harus membutuh modal dan tempat dan juga didesa sangat sederhana atau tradisional.

Bagaimana kehidupan ekonomi pada masa bercocok tanam brainly?

Jawaban: Masyarakat sudah mulai melakukan barter dengan komunitas penduduk lainnya yang berdekatan. namun tidak jarang juga melakukan perdagangan yang meliputi wilayah yang lebih jauh. komoditas yg diperjual belikan adalah hasil dari ladang, terutama biji gandum.

Apa perbedaan antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan?

Terdapat beberapa perbedaan antara masyarakat kota dengan masyarakat desa, yang mana di antaranya ialah: Kehidupan Keagamaan, yang mana dalam kehidupan keagamaan sendiri masyarakat desa lebih cenderung mengarah ke kehidupan yang agamis dan religius, sedangkan masyarakat kota lebih mengarah pada kehidupan duniawi.

Apa saja faktor yang mempengaruhi keberagaman kegiatan ekonomi masyarakat?

Yang memengaruhi keberagaman ekonomi adalah peluang, pekerjaan, penghasilan hingga tingkat persaingan saat mengelola sumber daya alam.

Baca Juga:  Bagaimana Kondisi Wilayah Indonesia Di Daratan Lautan Dan Udara

Mengapa kondisi alam suatu negara mempengaruhi kegiatan ekonomi negara tersebut?

Jawaban. Jawaban: Karena apabila kondisi alamnya kaya akan SDA (Sumber Daya Alam) maka SDA tersebut dapat dimanfaatkan dan diekspor sehingga perekonomian suatu negara meningkat.

Mengapa masyarakat desa dan masyarakat kota tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri?

Jawaban. karena masyarakat kota dan masyrakat desa saling memenuhi kebutuhan masing2 dan saling berkaitan contoh nya, Kota tergantung desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan-bahan pangan, dan kota juga menyediakan tenaga-tenaga yang melayani bidang-bidang jasa yg dibutuhkan oleh orang desa.

Mengapa kegiatan ekonomi di kota dan di desa berbeda?

Karena kebutuhan pekerjaan dan lowongan pekerjaan di kota cenderung lebih banyak di bandingkan di desa. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa pekerjaan utama para masyarakat yang tinggal di desa adalah agraris.

Bagaimana perbandingan antara kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa?

Masyarakat kota ekonominya lebih maju daripada masyarakat desa , masyoritas masyarakat kota bekerja sebagai pegawai dan diberi gaji minimal UMR , sedangkan masyarakat desa mayoritas hanya bercocok tanam dan mengandalkan hasil tanamannya saja .

Mengapa di kota banyak orang yang bekerja di bidang jasa?

Karena berdasarkan bentuk permukaan bumi orang yang bekerja dipermukaan datar bisanya bekerja di bidang jasa, seperti pedagang,PNS dll.

Mengapa pertumbuhan ekonomi yang tinggi sangat penting bagi suatu negara?

Pertumbuhan ekonomi sangat penting bagi sebuah negara, karena; 1. Penduduk selalu bertambah, dengan bertambahnya penduduk, diperlukan lebih banyak komoditi dan bahan makanan untuk mencukupi kehidupan.

Mengapa kegiatan ekonomi masyarakat perkotaan sangat beragam?

Kegiatan ekonomi masyarakat kota lebih heterogen (beragam) dibandingkan masyarakat desa karena kota memiliki beragam lapangan pekerjaan yang mendukung kegiatan ekonomi yang lebih banyak, dan kota memiiki layanan yang tidak tersedia di desa seperti pendidikan tinggi, kesehatan dan pemerintahan.

Bagaimana upaya masyarakat kota dan masyarakat desa dalam meningkatkan hubungan ekonomi?

Upaya masyarakat kota dan desa dalam meningkatkan hubungan ekonomi adalah dengan melakukan perdagangan antardaerah maupun antarpulau. Perdagangan antardaerah maupun antarpulau adalah perdagangan yang dilakukan dengan cakupan antardaerah/antarpulau dalam suatu wilayah.

Apa ciri ciri kehidupan ekonomi masyarakat tradisional?

Sebutkan ciri kehidupan ekonomi masyarakat tradisional​

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Tradisional : Tidak adanya sebuah sistem pembagian dalam pekerjaan kerja. Pertukaran barang dilakukan dengan cara melakukan barter.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan masyarakat?

Secara umum Pengertian Masyarakat adalah sekumpulan individu-individu yang hidup bersama, bekerja sama untuk memperoleh kepentingan bersama yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, dan adat istiadat yang ditaati dalam lingkungannya.

Menurutmu apa perbedaan budaya dan kebudayaan?

Dari penjelasan di atas tentang pengertian budaya dan kebudayaan, secara singkat dapat dikatakan perbedaan antara budaya dan kebudayaan adalah bahwa budaya itu merupakan cipta batin (akal budi) suatu masyarakat, sedangkan kebudayaan merupakan hasil kegiatan dan penciptaan budaya masyarakat tersebut seperti kepercayaan, …

Bagaimana karakteristik masyarakat desa brainly?

Desa: 1. Bergantung pada alam 2.Solidaritasnya sangat tinggi 3.Cenderung memegang teguh nilai agama,etika,dan moral. 4.Kepemimpinannya di tentukan oleh kejujuran,kebangsawanan,dan pengalaman 5.Mayoritas mata pencahariannya sebagai petani,nelayan,dan peternak.

Bagaimana kehidupan budaya masyarakat di perkotaan?

Karakteristik kehidupan budaya masyarakat Perkotaan : – Lebih individualis dan tidak terlalu mementingkan kehidupan bermasyarakat. – Norma-norma masyarakat masih ada, namun tidak terlalu dijunjung seperti di masyarakat pedesaan.

Apa kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?

Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bagaimana kehidupan ekonomi?

Kehidupan ekonomi adalah adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Kegiatan tersebut dapat berupa mengurus atau mengatur sumber daya yang tersedia agara dapat digunakan secara maksimal.

Bagaimana kehidupan sosial dan ekonomi pada masyarakat pra aksara?

Kehidupan Sosial Ekonomi Masa Praaksara

Secara garis besar, kehidupan sosial ekonomi pada masa praaksara dibedakan menjadi dua, yaitu Food Gathering (masa berburu dan meramu) dan Food producing (masa bercocok tanam).