Home » Blog

Bagaimana Hasil Yang Dilaporkan Panitia Sembilan Pada Sidang Kedua Bpupki

Daftar Isi

Apa hasil yang didapatkan dari sidang BPUPKI?

Pada hasil sidang BPUPKI pertama adalah perumusan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Rumusan dasar negara Indonesia datang dari tiga tokoh utama kemerdekaan, yaitu Mohammad Yamin, Soekarno, dan Mr. Supomo. Itulah sebabnya pada tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Jelaskan apa saja Panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI?

4. Isi materi pembahsan sidang kedua BPUPKI : a. Pada tanggal 11 Juli 1945, membentuk tiga panitia kecil, yaitu panitia perancang UUD, panitia perancang keuangan dan perekonomian, dan panitia perancang pembelaan tanah air.

Kesepakatan apa yang dihasilkan dalam sidang kedua BPUPKI pada tanggal 10 17 Juli 1945 berhubungan dengan rumusan dasar negara?

Jawaban: Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia.

Topik apa sajakah yang dibahas BPUPKI pada sidangnya yang pertama?

Apa yang dibahas dalam sidang BPUPKI pertama? Pada sidang pertama, BPUPKI lebih banyak membahas soal dasar-dasar negara. Mohammad Yamin, Mr. Supomo, dan Sukarno mengajukan usulan-usulannya mengenai dasar negara pada 29 Mei 1945.

Siapakah yang ditunjuk menjadi ketua dan wakil ketua BPUPKI?

Anggota BPUPKI berjumlah 63 orang, termasuk Dr. KRT. Radjiman Wedyodiningrat sebagai ketua, Itibangase Yosio (anggota luar biasa yang berkebangsaan Jepang) dan R. Pandji Soeroso (merangkap Tata Usaha) masing-masing sebagai wakil ketua.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mencegah Organ Peredaran Darah Kita Agar Tetap Sehat

Pengumuman apa yang disampaikan oleh ketua BPUPKI dalam sidang kedua BPUPKI pada tanggal 10 Juli 1945?

Ketua BPUPKI Radjiman Wediodiningrat meminta anggota untuk memperbaiki rumusan Piagam Jakarta dan undang-undang dasar. Parada Harahap menyatakan setuju dengan rumusan, namun ditambah rasa terima kasih kepada Jepang.

Apa yang terjadi pada tanggal 16 Juli 1945?

Sidang BPUPKI – Sidang BPUPKI kedua dilaksanakan 10-16 Juli 1945 untuk membahas bentuk negara hingga rancangan UUD, simak hasil sidang BPUPKI Ke-2 berikut ini.

Siapakah ketua dari Wakil ketua PPKI?

Ketua PPKI adalah Ir Soekarno. Ia dipilih bersama Drs Moh. Hatta sebagai wakil ketuanya dan Mr Ahmad Subardjo sebagai penasihat. Kemudian, jumlah anggota PPKI ada sebanyak 21 orang.

Apa dan kapan hasil sidang Panitia Sembilan?

Setelah melakukan kompromi antara 4 orang dari kaum kebangsaan (nasionalis) dan 4 orang dari pihak Islam, tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan menghasilkan rumusan dasar negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter).

Kapan sidang BPUPKI 1 dan 2 berlangsung dan masing masing membahas tentang apa jelaskan?

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali. Sidang pertama berlangsung antara 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas rumusan dasar negara. Sidang kedua berlangsung tanggal 10 – 16 Juli 1945 membahas batang tubuh UUD negara Indonesia merdeka.

Berapa kali sidang yang dilaksanakan oleh BPUPKI?

Radjiman Wediodiningrat. BPUPKI mengadakan sidang dua kali. Pada sidang yang pertama tanggal 29 Mei-1 Juni 1945.

Apa hasil sidang PPKI pertama?

Hasil sidang pertama PPKI adalah pengangkatan Ir. Soekarno menjadi presiden dan Drs. Moh Hatta menjadi wakil presiden. Usulan tersebut diajukan secara aklamasi. Setelah itu, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dilantik sebagai presiden dan wakil presiden secara sah.

Apa hasil sidang BPUPKI pada tanggal 11 Juli 1945?

hasil sidang BPUPKI pada tanggal 11 Juli 1945 (Sidang kedua) yaitu : 1. membuat UUD dan pembukaannya. 2. Rapat membentuk negara dan wilayahnya, Pembelaan Negara, Kewarganegaraan, Pendidikan Pengajaran, Ekonomi,Keuangan.

Apa hasil sidang BPUPKI ke 1 dan ke 2?

Simpulan: Sidang pertama BPUKI merumuskan rancangan UUD lewat bantuan panitia 9. Pada sidang kedua, BPUPKi merumuskan 3 bagian pokok yang akan dicantumkakn sebagai dasar negara, yakni pernyataan kemerdekaan Indonesia, pembukaan, dan batang tubuh undang-undang dasar.

Apa hasil yang didapat dari sidang BPUPKI?

Sidang ini dipimpin oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat dengan 12 anggotanya. Pada hasil sidang BPUPKI pertama adalah perumusan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Rumusan dasar negara Indonesia datang dari tiga tokoh utama kemerdekaan, yaitu Mohammad Yamin, Soekarno, dan Mr. Supomo.

Apa hasil sidang BPUPKI pada tanggal 11 Juli 1945?

hasil sidang BPUPKI pada tanggal 11 Juli 1945 (Sidang kedua) yaitu : 1. membuat UUD dan pembukaannya. 2. Rapat membentuk negara dan wilayahnya, Pembelaan Negara, Kewarganegaraan, Pendidikan Pengajaran, Ekonomi,Keuangan.

Apa yang dibahas pada tanggal 13 14 15 Juli 1945?

Jawaban. Pada tgl 13 Juli 1945 panitia perancang UUD berhasil membahas beberapa hal dan menyepakati ketentuan ketentuan lambang negara, negara kesatuan, sebutan MPR dan membentuk panitia penghalus bahasa. Pada tgl 14 Juli 1945, BPUPKI mengadakan sidang dengan agenda “Pembicaraan tentang pernyataan kemerdekaan”.

Apa yang dibahas dalam sidang tanggal 15 Juli 1945?

Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa pembahasan sidang tanggal 15 Juli 1945 yaitu membahas tentang rancangan naskah UUD 1945 sebagai dasar negara yang disampaikan oleh Soekarno dan Soepomo.

Apa hasil sidang PPKI ke 2?

Hasil sidang PPKI kedua adalah pembentukan 12 departemen atau kementerian serta empat menteri negara. Adapun tiap departemen tersebut akan dibantu oleh menteri yang terpilih.

Apa materi yang dibahas dalam sidang kedua BPUPKI tanggal 10 sampai 16 Juli 1945?

Sidang BPUPKI kedua bertujuan untuk membahas tentang bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan undang-undang dasar, ekonomi dan keuangan, serta pendidikan.

Apa hasil sidang PPKI pada tanggal 13 Juli 1945?

Isi Pembahasan Sidang Tanggal 13 Juli 1945

Adapun hasil pembahasan tersebut meliputi hal-hal berikut: Rancangan Indonesia Merdeka. Pembukaan UUD atau pengesahan Piagam Jakarta. UUD terdiri atas 42 pasal.

Kapan sidang BPUPKI terjadi?

Sidang Pertama BPUPKI (29 Mei-1 Juni 1945)

Baca Juga:  Bagaimana Pengaruh Organisasi Budi Utomo Terhadap Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Sidang pertama dilakukan di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta (sekarang gedung Pancasila).

Apa isi sidang BPUPKI pada tanggal 2 Mei 1 Juni?

Jawab: Sidang BPUPKI pertama membahas tentang rumusan dasar negara hingga akhirnya dicetuskannya nama Pancasila sebagai nama dasar negara Indonesia.

Apa yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI brainly?

Sidang pertama BPUPKI membahas dasar negara, undang-undang dasar, prinsip-prinsip perekonomian nasional, serta prinsip-prinsip pertahanan dan keamanan nasional.

Dimana sidang BPUPKI ke 2 dilaksanakan?

Sidang Kedua BPUPKI berlangsung dari tanggal 10 Juli sampai 14 Juli tahun 1945. Sidang resmi pertama dan sidang resmi kedua BPUPKI dilaksanakan di Jakarta tepatnya di sebuah gedung bernama CHUO SANGI IN.

Kapan sidang BPUPKI dan PPKI?

BPUPKI memulai sidang pertama pada tanggal 28 Mei 1945, PPKI tanggal 18 Agustus 1945.

Sidang tanggal 16 Juli 1945 membahas tentang apa?

Pada sidang kedua tanggal 16 Juli 1945 ketua BPUPKI memastikan bahwa semua anggota setuju dengan laporan hasil kerja Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. Selain itu, diterima usul-usul dari panitia keuangan dan panitia pembelaan tanah air.

Bagaimana hasil yg dilaporkan Panitia Sembilan dalam sidang ke dua BPUPKI?

Jawaban: menghasilkan Piagam Jakarta atau perumusan dasar negara. Berikut penjelasannya: BPUPKI merupakan kepanjangan dari Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia yang dibentuk oleh Jepang pada tanggal 1 Maret 1945.

Apa isi materi pembahasan sidang kedua?

Sidang BPUPKI kedua bertujuan untuk membicarakan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar (UUD), ekonomi dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan, dan pengajaran, seperti dikutip dari laman Kebudayaan Kemendikbud, Senin (23/8/2021).

Pada tanggal 16 Juli 1945 naskah undang-undang dasar diterima secara bulat?

Jawaban terverifikasi ahli

Jadi, pada tanggal 16 Juli 1945 naskah Undang-Undang Dasar (UUD) ini diterima secara bulat dalam sidang BPUPKI, maka dengan demikian BPUPKI dibubarkan karena tugas BPUPKI telah selesai. Sidang kedua BPUPKI ini ditutup pada tgl 17 Juli tahun 1945.

Apa hasil sidang BPUPKI yang ke 2?

Hasil sidang BPUPKI kedua tanggal 10-17 juli 1945 adalah disetujuinya Undang-Undang Dasar (UUD) Negara pada 16 Juli 1945. Isi rancangan UUD adalah sebagai berikut. Dengan tersusunnya rancangan UUD, maka tugas BPUPKI dianggap sudah selesai.

Apa materi yang dibahas dalam sidang kedua BPUPKI tanggal 10 sampai 16 Juli 1945?

Sidang BPUPKI kedua bertujuan untuk membahas tentang bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan undang-undang dasar, ekonomi dan keuangan, serta pendidikan.

Apa saja hasil pembahasan sidang tanggal 14 Juli 1945?

Pada tanggal 14 Juli 1945, sidang kedua BPUPKI mendapatkan laporan dari panitia perancangan UUD. Laporan tersebut dilaporkan oleh Ir. Soekarno sebagai pemimpin panitia tersebut, yang isinya bahwa Indonesia menyatakan kemerdekaan, Pembukaan UUD yang berisi tentang Pancasila, dan UUD memiliki batang tubuh.

BPUPKI di ketuai oleh siapa?

BPUPKI berjumlah 62 orang yang diketuai oleh Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat. Wakil ketua adalah Raden Pandji Soeroso dan perwakilan Jepang, Ichibangase Yosio.

Bagaimana proses pelaksanaan sidang BPUPKI ll?

Jawaban. sidang BPUPKI yang ke-2 membahas penyusunan rencana pembukaan undang undang dasar serta rencana lain yang berhubungan dngn kemerdekaan bangsa indonesia. pada 11 juli 1945 dibentuk panitia perancang UUD. dalam rapat yang dilaksanakan selama 7 hari dihasilkn rancangn UUD indonesia merdeka.

Kapan sidang BPUPKI 1 dan 2?

Siang pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10-16 Juli 1945. BPUPKI atau dalam bahasa Jepang disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada pada 1 Maret 1945.

Apa hasil sidang BPUPKI ke 2 brainly?

Jawaban: Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia. Dalam rapat ini dibentuk panitia perancang undang-undang dasar (UUD) dengan 19 anggota yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Hasil sidang PPKI apa saja?

Seperti yang disinggung di atas, hasil sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945 di antaranya, pertama mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945. Kedua, mengangkat Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Hasil ketiga, membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.

Pengumuman apa yang disampaikan oleh ketua BPUPKI dalam sidang kedua BPUPKI pada tanggal 10 Juli 1945?

Ketua BPUPKI Radjiman Wediodiningrat meminta anggota untuk memperbaiki rumusan Piagam Jakarta dan undang-undang dasar. Parada Harahap menyatakan setuju dengan rumusan, namun ditambah rasa terima kasih kepada Jepang.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Dengan Teknik Mozaik

Kapan sidang ke 2 dilaksanakan dan menghasilkan apa saja?

Sidang BPUPKI yang kedua berlangsung pada 10 Juli 1945 hingga 17 Juli 1945. Agenda sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia.

Apa hasil sidang PPKI pada tanggal 18 agustus 1945?

Mengesahkan UUD 1945

Menurut Rosmawati dan Hasanal Mulkan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020), hasil sidang PPKI pertama adalah pengesahan UUD 1945. Dalam sidang tersebut, juga dilakukan revisi Piagam Jakarta, tepatnya pada kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Apa saja hasil dari sidang PPKI pertama dan kedua?

Hasil sidang PPKI pertama 18 Agustus 1945 adalah disahkan Rancangan Pembukaan UU Dasar Negara Indonesia, susunan pemerintahan dan pengesahan Batang Tubuh UU Dasar. Hasil sidang PPKI kedua tanggal 19 Agustus 1945 adalah pembentukan dua belas departemen dan empat menteri negara.

Sidang BPUPKI pertama membahas tentang apa?

Sidang pertama BPUPKI dipimpin oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat bersama 12 anggotanya. Sidang BPUPKI pertama membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia. Ada tiga tokoh yang memaparkan rumusan dasar negara, yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Apa hasil sidang BPUPKI ke 1 dan ke 2?

Simpulan: Sidang pertama BPUKI merumuskan rancangan UUD lewat bantuan panitia 9. Pada sidang kedua, BPUPKi merumuskan 3 bagian pokok yang akan dicantumkakn sebagai dasar negara, yakni pernyataan kemerdekaan Indonesia, pembukaan, dan batang tubuh undang-undang dasar.

Apa hasil keputusan sidang PPKI pada tanggal 19 agustus 1945?

Lalu, bagaimana dengan hasil sidang PPKI yang kedua, yaitu pada tanggal 19 Agustus 1945? Hasil sidang kedua PPKI menetapkan pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi beserta pemimpin daerahnya. Daerah tersebut adalah Sunda Kecil, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi.

Siapa ketua BPUPKI dan anggotanya?

Ketua BPUPKI adalah Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, dengan dua orang wakil ketua yaitu Ichibangase Yosio (Jepang) dan R.Panji Soeroso. Radjiman Wedyodiningrat merupakan seorang dokter yang juga merupakan anggota organisasi Budi Utomo.

Apa saja hasil keputusan sidang PPKI pertama brainly?

Hasil Sidang Pertama PPKI

Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945. Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden. Pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas Presiden sementara sebelum terbentuknya MPR dan DPR.

Apa sajakah hal yang dibahas dan disepakati dalam rapat BPUPKI pada tanggal 13 Juli 1945?

Jawaban. Penjelasan: Pada pembahasan sidang tanggal 13 Juli 1945, pendiri negara menyepakati ketentuan tentang lambang Negara, Negara kesatuan, hingga sebutan Majelis Permusyawaratan Rakyat serta membentuk panitia penghalus bahasa atas nama Djajadiningrat, H. Agus Salim, dan Soepomo.

Apa yang terjadi pada tanggal 12 Juli 1945?

Pada 12 Juli 1945 panitia kecil perancang UUD berhasil menyusun naskah rancangan UUD.

Benarkah bahwa rumusan undang-undang dasar baru dibahas pada sidang BPUPKI yang kedua jelaskan?

Jawaban: Pada sidang BPUPKI II tanggal 10 – 16 Juli 1945, dibahas tentang rancangan undang-undang dasar (UUD) yang diserahkan kepada sebuah panitia. Panitia ini bernama Panitia Perancang UUD yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Panitia ini menyetujui Piagam Jakarta sebagai inti pembukaan UUD.

Apa yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI 1?

Sidang pertama BPUPKI membahas tentang rumusan dasar negara untuk Indonesia merdeka. Sidang BPUPKI yang pertama berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945.

Kapan BPUPKI di bubarkan?

Di antaranya tentang rancangan Undang-Undang Dasar (UUD). Kemudian hampir 1 bulan setelah sidang kedua BPUPKI, tepatnya pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI dibubarkan oleh pemerintah Jepang. Alasannya karena BPUPKI dianggap telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Apa hasil dari sidang PPKI?

Seperti yang disinggung di atas, hasil sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945 di antaranya, pertama mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945. Kedua, mengangkat Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Hasil ketiga, membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.

Kesepakatan apa yang dihasilkan dalam sidang kedua BPUPKI pada tanggal 10 17 Juli 1945 berhubungan dengan rumusan dasar negara?

Jawaban: Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia.